Minggu, 23 September 2018

PRIA DAN WANITA DALAM BAHASA KEDANG

Pria dan Wanita dalam Bahasa Kedang
Dalam bahasa Kedang perempuan biasa disebut  areq rian. Bisa diterjemahkan secara harafiah ke dalam bahasa Indonesia menjadi perempuan besar.  Maka ketika seorang melahirkan seorang bayi perempuan, orang akan mengatakan: anaknya areq rian (perempuan besar)Pada hal yang ada sebenarnya seorang bayi perempuan mungil. Bagaimana si bayi kecil ini bisa disebut perempuan besar?
Dan ketika si bayi perempuan (areq rian) ini menjadi gadis perawan, dia akan disebut areq weriq. Terjemahan harafiah dalam bahasa Indonesia adalah perempuan kecil.  Bagaimana areq rian (perempuan besar) sementara si gadis perawan yang sudah besar malah disebut areq weriq (perempuan kecil)?
bisa bayi perempuan disebut
Selanjutnya ketika areq weriq (gadis perawan) ini menikah, dia akan disebut weq rian, terjemahan harafiah ke dalam bahasa Indonesianya menjadi badan besar. Mengapa isteri dalam bahasa Kedang disebut weq rian (badan besar)?
Sementara itu laki-laki dalam bahasa Kedang termasuk bayi laki-laki adalah anaq abe. Ini tepat. Dalam bahasa Indonesia anaq abe bisa diterjemahkan menjadi anak laki. Ketika menjadi remaja, dia menjadi ebe abe (lelaki muda). Tetapi ketika dia menikah dia akan menjadi ate rian (artinya dalam bahasa Indonesia orang besar/dewasa).
Dengan demikian dalam perkembangannya, seorang perempuan akan mulai dengan areq rian (perempuan besar)areq weriq (perempuan kecil), dan weq rian (badan besar atau isteri). Sementara pria mulai dengan anaq abe (anak laki), ebe abe (lelaki muda) dan ate rian (orang besar atau suami). Ada ketidak-setaraan dalam perkembangan ini. Singaktnya perkembangan perempuan mulai dengan areq rian(perempuan besar), areq weriq (perempuan kecil), dan weq rian (badan besar).  Sementara perkembangan lelaki mulai dengan anaq abe (anak laki), ebe abe (lelaki muda), dan ate rian (orang besar).  Mengapa isteri disebut weq rian (badan besar) sementara suami disebut ate rian (orang besar)?
Ada apa di balik rahasia ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KESETARAAN PRIA DAN WANITA DALAM BAHASA KEDANG

Areq Weriq - Ebe Abe Menjadi wanita artinya seorang wanita itu bebas untuk memilih, dan tidak bisa ditentukan sebelumnya menjadi wanit...